BRIEF UPDATE


_BDS Alliance_
*Jumat, 21 Juli 2023*

*POLITIK*
1. Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), mengingatkan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk tidak ngotot menjadi capres atau cawapres. Luhut menyarankan agar Partai Golkar melihat peluang lain yang bisa diperoleh dalam kontestasi Pemilu 2024, yakni memperkuat posisi di parlemen. Luhut juga menilai partainya seperti menjual diri ke banyak pihak. Penilaian LBP tersebut menambah "keriuhan" yang sedang terjadi di partai tersebut setelah mengemuka wacana munaslub untuk menyingkirkan Airlangga dari kursi ketua umum, karena dinilai gagal menjadikan dirinya sebagai capres, sebagaimana diamanatkan Munas Golkar 2019. Kalangan penganjur munaslub menyebut orang yang potensial sebagai pengganti Airlangga antara lain LBP dan Bambang Soesatyo. Menko Maritim dan Investasi itu pun membantah kabar yang menyebut dia sebagai dalang gerakan munaslub. Namun ia bersedia menjadi ketum Golkar, jika banyak kader yang mendukungnya. Ia bisa membawa Golkar meraih suara minimal 85 kursi DPR seperti hasil Pemilu 2019, bahkan bisa 100 kursi pada pemilu mendatang.

2. Budiman Sudjatmiko berencana menjelaskan isi pertemuannya dengan Prabowo Subianto, kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ia pun siap memberikan klarifikasi kepada Dewan Kehormatan PDIP, yang sampai hari ini belum ia terima pemanggilan formalnya. Politisi PDIP yang mantan Ketum Partai Rakyat Demokratik (PRD) itu berkunjung ke rumah Prabowo pada Selasa (18/7/2023). Setelah pertemuan tersebut, Budiman melontarkan pujian terhadap Prabowo yang ia sebut sebagai salah satu pemimpin terbaik Indonesia. Tindakan Budiman tersebut menyulut kontroversi dan spekulasi. DPP PDIP pun sudah menyatakan akan meminta klarifikasi kepada Budiman, sebagaimana sudah dilakukan terhadap Effendi Simbolon yang juga mengeluarkan pernyataan mirip Budiman.

3. PKB mengingatkan PAN, supaya bicara lebih dulu dengan PKB jika berniat menyodorkan Erick Thohir sebagai bakal cawapresnya Prabowo Subianto. Sebab, kata Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, PKB dan Partai Gerindra sudah lebih dulu mengikat diri dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), sementara PAN masih berada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP. KKIR sudah bersepakat mengusung Prabowo sebagai bakal capres, sedangkan posisi cawapres belum ditentukan. PAN sudah menawarkan Erick Thohir kepada Prabowo dan PDIP sebagai pendamping capres usungan PDIP yakni Ganjar Pranowo. Cucun Ahmad menyarankan, PAN sebaiknya berkomunikasi lebih dulu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar sebelum menyodorkan Erick Thohir kepada KKIR.

4. Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengungkapkan, kriteria bakal cawapres yang akan berpasangan dengan dia selain membantu kemenangan dia, juga nol masalah. Artinya, sosok itu tidak punya masalah di masa lalu sehingga tidak bisa dikriminalisasi. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai kriteria itu ada di Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher) dan Ketum Demokrat AHY.

5. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai PSI Grace Natalie Louisa bersama beberapa pengurus PSI, hari ini menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo. Menurut Grace pembicaraan dengan Gibran berlangsung santai, menyangkut banyak hal. Namun, yang utama adalah komitmen dukungan PSI kepada kepemimpinan kaum muda yang punya rekam jejak bagus. Dalam pembicaraan itu juga disinggung tentang Pilkada DKI Jakarta mendatang. Gibran memang sudah mengungkapkan, dia berniat melanjutkan kiprah politiknya ke jenjang lebih tinggi. PSI sudah pula melepas wacana, supaya Gibran maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

*HUKUM*
1. Polda Metro Jaya menetapkan 12 tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO), terkait perdagangan ginjal yang beroperasi di Indonesia dan Kamboja setelah menggerebek rumah di Villa Mutiara Gading, Bekasi, Jabar pada Rabu (19/7/ 2023). Dua tersangka merupakan seorang polisi berpangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) dan seorang petugas imigrasi. Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, para pelaku merekrut korban melalui medsos dan secara langsung. Operasi transplantasi ginjal dilakukan di Rumah Sakit Preah Ket Mealea Hospital, Kamboja. Korban perdagangan ginjal memiliki latar belakang yang beragam diantaranya guru privat hingga mahasiswa S2 yang sedang terkendala ekonomi. Para pelaku menerima imbalan sebesar Rp 200 juta. Sepanjang Mei-Juni 2023 terdapat 31 orang yang diberangkatkan ke Kamboja untuk menjual ginjal. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Ruben Rico mengatakan, persoalan kemiskinan adalah faktor utama para korban menjual ginjal. Kemensos akan melakukan pendampingan dan rehabilitasi para korban.

2. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengaku sudah melaporkan 12 kasus terkait dugaan TPPO ke Bareskrim Polri, salah satunya yang terjadi di Sumut dengan aliran uang mencapai Rp 90 triliun. PPATK sudah berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dengan memaparkan berbagai kasus. Dalam periode 5 Juni – 19 Juli 2023 Satgas TPPO telah menangkap 829 tersangka berdasarkan 699 laporan polisi dan menyelamatkan 2.149 korban.

3. Menkes Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Instruksi Menkes No.HK.02.01/Menkes/ 1512/2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan terhadap Peserta Didik pada RS Pendidikan di Lingkungan Kemenkes, untuk merespons adanya perundungan/bullying di lingkungan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)/dokter residen yang sudah terjadi selama puluhan tahun yang menyebabkan kerugian mental, fisik dan finansial. Budi mengatakan, para dokter residen kerap dijadikan asisten pribadi dokter senior seperti disuruh mengantar dan membayar laundry, membuatkan tugas jurnal/penelitian untuk para dokter senior hingga diminta mengumpulkan uang puluhan – ratusan juta untuk keperluan senior.

*EKONOMI*
1. Realisasi investasi Indonesia semester I-2023 tercatat Rp Rp 678,7 triliun, terbagi atas kuartal I-2023 sebesar Rp 328,9 triliun dan kuartal II mencapai Rp 349 triliun. Realisasi ini 48,5% dari target 2023 yang Rp 1.400 triliun. Rinciannya, PMA mencapai Rp 363,3 triliun (53,5%), tumbuh 17,1% secara yoy, dan PMDN Rp 315,4 triliun (46,5%), tumbuh 15% yoy. Dari realisasi kuartal II-2023 sebesar Rp 349 triliun, PMA dengan realisasi investasi Rp 186,3 triliun menyerap 146.293 tenaga kerja. Sementara PMDN dengan investasi Rp 163,5 triliun menyerap 317.996 tenaga kerja.

2. Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menegaskan, sektor manufaktur hasil olahan SDA juga akan diwajibkan menyimpan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri. Ketentuan tersebut nantinya akan tertuang dalam Keputusan Menkeu yang merupakan turunan PP No 36/2023 tentang DHE sumber daya alam yang terbit pekan lalu. PP tersebut tidak mencantumkan eksportir manufaktur wajib mengikuti aturan. Kepala Ekonom BCA David Sumual, ekonom UI Teuku Riefky dan Chief Economist Bank Syariah Indonesia Banjaran Surya mendukung sektor manufaktur juga wajib memarkirkan DHE sehingga memperkuat likuiditas valas di dalam negeri.

3. Menves/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap pasir kuarsa atau silika bisa diolah di dalam negeri sehingga bisa diperlakukan seperti SDA lainnya, yakni nikel dan tembaga. Tidak tertutup kemungkinan kedepannya akan dilarang ekspor juga. Ia juga mengungkapkan, Xinyi Group, salah satu perusahaan industri kaca dan panel surya yang menguasai market share kaca dunia 20%, berniat berinvestasi di Rempang Eco-City. Bulan Mei lalu, Presiden Jokowi mengisyaratkan akan melarang ekspor pasir kuarsa. Indonesia merupakan produsen silika terbesar kedua di dunia.

4. Mendag Zulkifli Hasan menyebut, mantan PM Inggris Tony Blair siap membantu mengatasi sengketa dengan UE, khususnya dalam penerapan UU Deforestasi yang menjegal tujuh komoditas RI masuk UE. Dalam pertemuan dengan Zulhas, Jumat (21/7/2023) pagi, Blair yang pernah dua kali menjadi Presiden UE menawarkan “tim kuat” untuk membantu, jika ada sengketa dengan UE. UU Deforestasi UE menjadi hambatan bagi komoditas RI masuk UE, yakni sawit, kopi, lada, daging sapi, coklat, kayu, karet dan turunannya.

*TRENDING MEDSOS*
1. Lebih dari 2.000 pencarian mengenai Prabowo Subianto-Budiman Sudjatmiko di Google Trends, setelah keduanya melakukan pertemuan pada Selasa lalu. Perhatian publik meningkat setelah muncul berita Budiman yang akan dipanggil oleh DPP PDIP.

2. Nama PDIP trending di Twitter, terkait dengan pertemuan Budiman dan Prabowo, selain itu juga karena aksi Hj Cinta Mega SH kader PDIP yang terekam sedang bermain tablet di tengah rapat paripurna mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2022. Ia mengatakan tabletnya menampilkan game candy crush, namun netizen meragukan dengan mengatakan ia sedang bermain slot karena tidak ada tampilan candy crush yang seperti itu.

_*HIGHLIGHTS*_
1. Saran LBP supaya Airlangga membawa Golkar pada satu sasaran yang jelas dalam Pemilu 2024, tak bisa dipandang sebagai suara yang boleh diabaikan oleh Airlangga. Apalagi LBP juga mengaku siap menggantikan Airlangga. Golkar sedang tidak baik-baik saja, dan dinamikanya pasti menjadi perhatian parpol dan aktor politik lain, karena ia adalah partai nomor 2 terbanyak di DPR, yang posisinya cukup penting dalam “per-koalisi-an” Pilpres 2024.
2. Langkah Menkes Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Instruksi Menkes No. HK.02.01/Menkes/1512/2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan terhadap Dokter Residen patut mendapat apresiasi, karena merupakan respons atas praktik tidak profesional yang selama ini banyak dilakukan oleh dokter spesialis senior terhadap dokter yunior.
3. Tindakan Polda Metro Jaya membongkar kejahatan TPPO khusus perdagangan ginjal manusia yang melibatkan jaringan Indonesia-Kamboja membuka mata kita, ternyata TPPO di “sektor” ini telah memakan banyak korban.

Leave a comment